5 Tips Belanja Make Up di Counter

Belanja makeup, buat yang belum terbiasa, bisa bikin deg-degan, lho. Dari sekian banyak produk yang terpampang di counter, bagaimana cara menemukan produk yang benar-benar pas untuk kita?

Membeli makeup di counter memang ada keuntungannya tersendiri. Selain bisa langsung mencoba produknya, kita juga bisa konsultasi dengan beauty assistant. Tapi, tentu saja ada yang harus dipersiapkan sebelum kita berbelanja. Apa saja itu?

1. Research first!
Sebelum datang ke counter, kamu harus tahu dulu barang apa yang akan dibeli. Lebih bagus lagi kalau sudah tahu juga shade- nya. Dengan begitu, sampai di counter kamu bisa langsung mencoba produknya dan menentukan apakah betul itu yang kamu cari. Selain itu, kalau sudah yakin dengan apa yang mau dibeli, kamu jadi nggak cuci mata atau impulsif membeli produk yang sebenarnya nggak perlu-perlu amat.

2. Be knowledgeable, but still polite
Beberapa beauty assistant memang bisa membantu kita mencari produk yang benar-benar cocok, tapi ada juga yang asal merekomendasikan produk agar kita belanja. Kalau bertemu dengan beauty assistant seperti ini, cukup tolak dengan sopan rekomendasinya tanpa harus menjatuhkan mereka.

Saya pernah lho, melihat customer yang berdebat sengit dengan beauty assistant tentang kandungan suatu produk dan diakhiri dengan sang customer pergi meninggalkan counter dengan wajah super jutek.

Kalau ada penjelasan dari beauty assistant yang menurutmu misleading, bisa kok mengoreksinya tanpa harus judes. Kalau kamu direkomendasikan produk yang kamu tahu pasti nggak akan cocok dengan kamu juga tinggal ditolak dengan halus tanpa mesti memasang muka nggak enak. It’s their job to sell us products, jadi maklumin saja kalau kita direkomendasikan produk macam-macam. Pada akhirnya, keputusan terakhir tetap pada kita, kan?

3. Bring your friends
Tips untuk belanja makeup berikutnya, ajak teman, saudara, atau bahkan pasangan kamu untuk menanyakan second opinion. Opini dari orang lain itu berharga banget, lho, karena mereka bisa melihat apa yang tidak kita lihat. Selain itu, orang-orang terdekat biasanya sudah tahu kesukaan dan habit kita, jadi mereka bisa ikut membantu memutuskan apakah kita benar-benar perlu produk tersebut atau hanya laper mata saja.

4. Go bare-face
Jangan pakai face makeup! Terutama kalau kamu berniat beli foundation, concealer, atau bedak. Pastikan bahwa kamu mencoba produk di warna kulit aslimu dan bukan yang sudah dipakaikan face makeup . Jangan lupa untuk coba foundation-mu di daerah rahang, bukan punggung tangan, karena warna kulit di wajah dan tangan tentunya berbeda.

5. Be wise with your budget
Akan selalu ada produk baru yang menarik perhatian dan membuat kita bertanya-tanya, “Duh, beli nggak ya.. Beli nggak ya..”. Asalkan bisa ngerem , kita pasti bisa terselamatkan dari lapar mata yang bikin bangkrut di awal bulan. Tapi kalau sudah kepincut…Wah, agak susah tuh. Biasanya, saya suka tanya ke diri sendiri, “Bakal sering kepake, nggak? Sudah punya produk yang mirip-mirip belum fungsinya? Ada nggak alternatif yang lebih murah?”

Step terakhir nih, kalau memang bimbang banget beli atau nggak, saya akan keluar toko dan jalan-jalan dulu. Kalau sampai sudah mau pulang masih kepikiran, saya akan balik lagi ke toko. Kalau baru jalan sebentar sudah lupa, ya artinya sebenarnya nggak perlu.

Nah, itulah tips dan trik yang harus kamu kuasai sebelum belanja makeup di counter. Ada tambahan nggak, kira-kira? Tulis di komentar, ya!

Source : Female Daily

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s