Wajib Bersihkan Wajah Mesti Tak Pakai Make Up

Ingin punya kulit sehat, kinclong dan juga bebas dari jerawat? Kunci utamanya adalah rutin membersihkan kulit wajah. Kalau begitu, bagaimana cara membersihkan kulit wajah yang tepat?

Untuk menjawab pertanyaan ini, maka Female Daily pun bertanya langsung kepada narasumber yang kompeten di bidangnya. Kami pun mengkontak Dr. Aryani Sudharmono, SpKK(K), FINS-DV, FAADV, Dermatologist terpercaya yang memiliki klinik perawatan kulit ternama, yaitu Senopati Skin Center. Kami mengajukan beberapa pertanyaan seputar kondisi kulit, permasalahan serta cara tepat merawat kulit wajah. Inilah Q & A kami dengan Dr. Aryani.

1. Bagaimana Anda mendefinisikan kulit yang sehat?
A: Kulit yang sehat memiliki karakteristik sebagai berikut:
– Tampak halus, karena produksi keratin normal
– Memiliki warna yang merata karena fungsi melanosit dan keratinosit baik.
– Kencang dan kenyal, karena fungsi kolagen dan elastin baik
– Lembab meskipun tidak menggunakan moisturizer, karena kaya akan glycosaminoglycan.
– Peredaran darah baik sehingga nutrisi ke kulit pun baik, menyebabkan kulit mampu memperbaiki diri dan menggantikan sel kulit yang rusak.
– Mekanisme pertahanan kulit baik, yakni memiliki tingkat toleransi yang tinggi terhadap faktor eksternal (dapat dengan cepat memperbaiki diri ketika tergores, tercakar ataupun luka).
– Tidak ada tanda-tanda kerusakan pada kulit, baik karena pengobatan maupun lingkungan, seperti penuaan dini, pori besar maupun jerawat.

2. Kenapa penting untuk membersihkan muka setiap hari meskipun kita tidak menggunakan makeup?
A: Membersihkan kulit wajah setiap hari adalah sangat penting, meski kita tidak menggunakan makeup sedikitpun. Mengapa? Karena membersihkan kulit wajah dapat:
– Menjaga agar permukaan kulit tetap terbebas dari tumpukkan kotoran, minyak, polutan, bakteri, sel kulit mati, keringat, debu, dan sebagainya. Jika tidak membersihkan kulit, dapat menyebabkan kelainan – kelainan bahkan penyakit kulit.
– Mengurangi risiko memburuknya penyakit kulit yang sudah ada.
– Meningkatkan efektivitas produk perawatan kulit, karena kulit yang bersih memungkinkan penyerapan produk perawatan yang lebih baik ke dalam kulit.
– Dapat menjaga tetap awet muda. Membersihkan kulit mampu menghambat faktor eksternal yang menyebabkan penuaan dan menstimulasi proses internal yang melawan penuaan. Makeup juga menghambat proses eksfoliasi alami kulit, sehingga kulit menjadi kusam. Pori yang tersumbat dapat menyebabkan inflamasi dan menyebabkan radikal bebas dan kerusakan kolagen.

3. Cukupkah membersihkan wajah dengan air?
A: Tidak, membersihkan wajah hanya dengan air tidak akan bersih karena akan menyisakan minyak. Jika seseorang pergi ke Gym dan hanya membilas dengan air, bau badan mereka tidak hilang. Plus, air saja tidak dapat menghilangkan bakteri yang menyebabkan jerawat.
Air dapat menjadi masalah, terutama jika Anda berada di kota yang memiliki air kran yang kandungan pH-nya terlalu rendah atau tinggi. Jika air krannya mengandung fosfor dan fluoride, pH air tersebut akan menjadi lebih rendah dan akan menjadikan kulit Anda lebih kering.

4. Apa tips Anda untuk membersihkan kulit
wajah secara baik dan benar?

A: Tips membersihkan kulit wajah secara baik dan benar, yaitu:

1. Pilih cleanser yang cocok dengan jenis kulit Anda

2. Di negara tropis misalnya di Indonesia yang suhu dan kelembapannya sangat tinggi membuat wajah cenderung berminyak dan berkeringat. Kelembapan udara yang tinggi menyebabkan kelebihan minyak dan keringat sulit menguap sendiri, sehingga selalu menempel dan akan tercampur makeup, debu, polusi, bakteri dan lain-lain yang dapat menyebabkan iritasi pada permukaan kulit. Itu sebabnya di iklim tropis mencuci wajah 2x dalam sehari tidaklah cukup. Sebaiknya wajah dibersihkan 3x sehari, apalagi jika aktivitas sehari-hari banyak di udara terbuka atau di dalam ruangan yang pengap/panas misalnya di pabrik. Pada keadaan tersebut dianjurkan mencuci wajah 4x sehari. Setiap kali melakukan aktivitas yang menyebabkan suhu tubuh meningkat, otomatis banyak keringat dan wajah jadi berminyak. Sebaiknya langsung membersihkan wajah dan mandi untuk membebaskan kulit dari sisa-sisa minyak, keringat dan kotoran yang menempel pada kulit.

3. Selalu bersihkan dengan air hangat-hangat kuku (jangan panas).

4. Gunakan headband untuk melindungi rambut dari sisa cleanser dan kotoran.

5. Ketika Anda memakai sponge atau handuk kecil, harus bersih dan lembut.

6. Cuci tangan Anda sebelum membersihkan muka, atau Anda malah akan cuci muka dengan keadaan kotor. Gunakan headband untuk menutup rambut Anda dari wajah.

7. Mulai dengan memercikkan air yang hangat-hangat kuku/dingin ke seluruh wajah dan leher.

8. Oleskan cleanser dengan memakai ujung jari atau sponge yang lembut, dengan cara pemijatan sirkular yang lembut dan bergerak atas bawah di seluruh wajah dan leher.

9. Bilas dengan air hangat-hangat kuku/dingin. Jangan lupa membilas sisa cleanser di leher dan garis rambut. Sisa cleanser bisa menutup pori-pori dan menimbulkan kotoran.

10. Usap dengan lembut sisa air dengan handuk.

11. Lanjutkan dengan toner yang berbahan dasar air dan moisturizer (pelembap) yang cocok untuk jenis kulit Anda untuk menjaga kulit. Moisturizer hanya dioleskan pada bagian kulit wajah yang kering misalnya: leher, bibir, kelopak mata. Pelembap yang dioleskan di bagian kulit yang berminyak dapat menyebabkan kelainan/penyakit kulit,misalnya: kasar, pori besar dan acne.

Source : Female Daily

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s