Menghilangkan Beragam Jenis Noda pada Pakaian

Menjengkelkan apabila pakaian kita terkena noda. Jangan panik, ikuti langkah-langkah berikut untuk menghilangkan noda tersebut dari pakaian kesayangan anda atau keluarga.

1) Noda Saus
Kalau terkena saus tomat atau saus mustard, segera bersihkan pakaian dengan air hangat. Lebih baik lagi kalau noda itu dibubuhi gliserin. Kalau noda itu menjadi merah, tidak usah khawatir karena akan hilang saat dicuci.

2) Noda Parfum
Parfum yang disemprotkan ke pakaian kadang meninggalkan bekas. Untuk membersihkannya, rendam pakaian di air hangat selama setengah jam. Lalu cuci seperti biasa.
Atau rendam pakaian dalam air yang diberi cuka selama beberapa jam. Setelah itu cuci seperti biasa. Bisa juga cuci pakaian dengan air hangat lalu gosok noda parfum dengan gliserin. Setelah itu cuci pakaian seperti biasa. Cara lain, noda bekas parfum pada pakaian bisa dihilangkan dengan cairan amoniak yang tidak pekat. Tetesi cairan amoniak ini pada noda, lalu kucek-kucek. Terakhir cucilah pakaian seperti biasa.

3) Noda Oli 
Ambil secolek mentega lalu oleskan pada noda. Diamkan kira-kira 15-30 menit lalu cuci pakaian seperti biasa.

4) Noda Minyak
Bila pakaian atau taplak terkena noda minyak, segera taburi tepung atau bedak talek. Diamkan selama 10-20 menit. Bersihkan. Kalau nodanya belum hilang juga, ulangi kembali sampai nodanya hilang. Kalau tak mau hilang juga, gosok noda dengan thinner. Hati-hati jangan lakukan hal ini dekat api.
Cara lain, cuci kain dengan air sabun hangat, tapi jangan panas. Bila yang terkena minyak, pakaian yang terbuat dari nilon, segera taburkan bedak talek pada noda tersebut. Atau ambil kertas minyak untuk muka, taruh di noda. Lalu noda disetrika. Setelah selesai, taburi dengan bedak talek.

5) Noda Lumpur
Bila suatu hari anak anda pulang dengan pakaian penuh lumpur, jangan panik. Biarkan lumpur mengering, baru setelah itu lmpurnya disikat. Kalau masih ada sisa noda, gosok dengan air rebusan kentang. Terakhir cuci biasa.

6) Noda Lilin
Bila pakaian atau taplak meja anda ketumpahan lelehan lilin, keroklah dengan benda tumpul. Setelah tinggal sisa-sisanya, ambil kertas yang menyerap minyak. Taruh kertas itu di atas noda lilin lalu setrika dengan setrika panas sampai lilinnya mencair dan menyerap pada kertas tersebut.

7) Noda Lem
Bila suatu ketika pakaian terkena lem, jangan bingung. Kalau lemnya tembus pandang, olesi aseton pada noda. Tapi kalau lemnya bergetah, noda lem dilap dulu dengan lap basah bersih, kalau sudah kering baru gunakan aseton.

8) Noda Karat
Masak air di ketel, lalu pakaian yang terkena noda karat dijerang ke uap panas ketel sambil diberi perasan air jeruk nipis. Lalu kucek beberapa saat. Setelah itu cuci seperti biasa.
Atau tetesi bagian yang berkarat dengan cuka dan garam. Lalu gosok sampai bersih. Setelah itu cuci kain dengan sabun. Ulangi cara ini sampai noda karatnya hilang. Cara lain, teteskan air jeruk nipis pada bagian pakaian yang bernoda karat. Sementara itu ambil kain bersih dan celupkan ke air. Lalu taruh kain di atas noda. Setelah itu setrika pakaian yang ditutup kain bersih. Ulangi beberapa kali maka noda karat pun akan hilang.

9) Noda Getah
Olesi mentega pada noda lalu diamkan sebentar. Setelah itu cuci pakaian atau taplak dengan sabun, sambil daerah yang ternoda dikucek-kucek. Kalau baru kena getah, segera kucurkan air panas ke pakaian yang bernoda. Kalau tidak mau hilang juga, ambil sagu yang diberi sedikit air. Oleskan larutan sagu ke bagian yang terkena getah itu. Setelah kering, bersihkan dengan sikat lembut.

10) Noda Cokelat
Bila pakaian terkena noda coklat dan sudah dicuci nodanya tidak mau hilang, coba cuci dengan air hangat dan obat penghilang noda. Kalau tidak mau hilang juga, buat campuran gliserin dan kuning telur. Oleskan larutan ini ke noda dan diamkan selama beberapa waktu. Setelah itu cuci kain dengan air hangat.

11) Noda Darah
Bersihkan noda darah dengan air garam. Setelah noda hilang, bilas pakaian dengan air hangat. Terakhir cuci seperti biasa.
Bila kain yang bernoda perlu di-dry-clean, sebelum diserahkan ke laundry, olesi noda dengan sagu yang diberi sedikit air. Setelah kering, bersihkan dengan sikat lembut. Noda pun akan memudar. Segera setelah itu bawa ke laundry untuk di-dry-clean.

12) Noda Cat pada Pakaian
Ambil spons bersih, celupkan ke terpentin. Lalu gosokkan spons ke noda cat sambil dikucek-kucek. Terakhir, cuci seperti biasa.
Atau ambil sebutir telur, pecahkan. Oleskan putih telur ke noda cat. Gosok kain/pakaian yang bernoda berulang-ulang dan rendam semalaman. Bilas dan cuci seperti biasa.

13) Noda karena Antiperspirant/Deodorant 

– Yang dibutuhkan : cuka putih, detergen bubuk, detergen cair.
– Cara menghilangkan : Basahi noda di pakaian dengan menggunakan cuka putih kurang lebih selama 30 menit. Lalu cuci pakaian dengan air hangat dan menggunakan detergen dengan formula enzym. Alternatif lainnya, yaitu dengan cara menggosok detergen cair dibagian yang terkena noda, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit, dan cuci pakaian seperti biasanya.

 

 14) Noda karena Kopi 

– Yang dibutuhkan : cairan pemutih 

– Cara menghilangkan : Anda dapat menggunakan cairan pemutih untuk menghilangkan noda akibat kopi (gunakan cairan pemutih khusus pewarna untuk pakaian dengan warna-warna terang).

15) Noda karena Minyak
– Yang dibutuhkan : deterjen cair, bedak baby, pelarut
– Cara menghilangkan : Basahi noda yang terkena minyak dengan deterjen cair, bisa juga dengan menggunakan bedak baby untuk meresap kandungan minyak yang mengotori pakaian dan biarkan selama semalaman. 

16) Noda karena Jus Buah 
– Yang dibutuhkan : sabun batangan, deterjen dan pemutih

– Cara menghilangkan : setelah merendam pakaian dengan air dingin, gosokkan sabun batangan ke permukaan noda. Lalu sebelum mengering, cucilah pakaian dengan menggunakan deterjen dan pemutih (sebagai catatan, gunakan pemutih atau bleaching khusus pewarna untuk pakaian yang berwarna terang) dengan menggunakan air hangat.

17) Noda karena Tinta
– Yang dibutuhkan : Alkohol penggosok, deterjen, hairspray, lap kering
– Cara menghilangkan : Aplikasikan alkohol ke permukaan noda, dan gosokkan dengan sedikit deterjen. Jika noda masih melekat, lakukan secara berulang-ulang. Sebagai alternatif, Anda dapat menyemprotkan hairspray ke permukaan noda dan gosok dengan menggunakan lap kering sebelum mencuci seperti biasa. 

18) Noda Karena Lipstik
– Yang dibutuhkan : penghilang noda (stain remover), alkohol, ammonia, hairspray

– Cara menghilangkan : Untuk menghilangkan noda lipstik pada pakaian, Anda bisa menggunakan penghilang noda, alkohol, ammonia, ataupun hairspray. Lalu bilaslah dengan menggunakan air hangat.

 

19) Noda karena saus, kecap, atau mustard

– Yang dibutuhkan : bleach (pemutih), deterjen, penghilang noda (stain remover)
– Cara menghilangkan : Rendamlah pakaian yang terkena noda dengan pemutih (bleach) dan cucilah dengan menggunakan deterjen dengan air hangat. Jika noda nya masih melekat, lakukanlah berulang-ulang kali sampai noda menghilang. 

 

20) Noda karena Minuman Anggur (wine) 

– Yang dibutuhkan : garam, anggur putih (white wine), air berkarbonasi, gliserin.
– Cara menghilangkan : Untuk noda yang terkena anggur merah (red wine), jika noda nya masih baru, bubuhkan garam ke permukaan noda namun jangan langsung di gosok. Bilaslah dengan air hangat setelah kurang lebih 2 menit. Anda juga bisa menuangkan edikit anggur putih (white wine) untuk menghilangkan noda anggur merah. Sedangkan untuk noda anggur putih, tuangkan air berkarbonasi (energy water) ke permukaan noda dan tunggu beberapa saat, jika sudah kering, campurkan sedikit gliserin dengan air dan tuangkan ke noda, sebelum mencuci pakaian tersebut seperti biasa.

 sumber : http://www.askmen.com 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s